Sabtu, 01 Juli 2017

Cara menyalin Sketch Arduino Ke MS. Word Agar Tetap berwarna




Tutorial ini ane buat atas keprihatinan terhadap skripsi teman-teman ane. Singkat cerita gini, biasanya pada bagian lampiran skripsi, pasti akan dilampirkan sketch Arduino yang digunakan. Nah, mereka kurang memperhatikan estetika penulisan sketch Arduino dalam karya tulis. Ane selalu lihat, dari semua skripsi-skripsi teman ane, mereka hanya meng-copy paste sketch Arduino ke MS.Word.

Hasilnya?? Hmm... jangan ditanya, berantakan banget. Mulai dari jenis font yang digunakan, jarak spasi dan paragraph, hingga tulisannya yang gak berwarna. Damn.... Sebenarnya itu gak dimasalahin sama pihak kampus, Cuma ya gak enak aja ngeliatnya. Semacam sebuah lukisan, udah bagus gambarnya Cuma pewarnaannya cacat.

Okeh, jadi tutorial ini sangat-sangatlah mudah dan inshaa Allah bantu banget buat kalian yang lagi ngerjain skripsi pake Arduino atau pake program sejenis, semisal Processing. Langkahnya sama aja.
Here we go....
  1. Buka sketch Arduino yang akan disalin ke MS Word.
  2. Tekan ctrl+A (Select All) untuk memblok semua syntax pada sketch
  3. Klik kanan, lalu pilih copy as html 


  4. Buka notepad, lalu tekan ctrl+v (paste)

  5. Simpan dengan format .html , jangan lupa pada bagian save as type, dipilih all files . Nama filenya terserah, bisa pake nama mantan gebetan . Hehe...


  6. Buka file tersebut pada aplikasi browser seperti, mozilla firefox, ucweb, operamini, atau torbrowser (hihi.. )


  7. Tara.... akan muncul sketch Arduino yang full color, tekan ctrl+A, lalu ctrl+c(Copy)
  8.  Buka MS.Word, lalu tekan ctrl+v

Selamat, teman-teman akan mendapatkan syntax Arduino yang full color, dengan jenis huruf , jarak spasi dan paragrapah, yang sesuai dengan aslinya. Mudah-mudahan dosen gak ngerevisi pas sidang nanti.

Thanks, semoga bermanpaat.

4 komentar:

  1. Terima kasih....Sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Mas maksud dari notepad petunjuk penggunaan program itu apa ya mas... Sama seperti kita nulis di word atau gimana mas...???

    BalasHapus